Senin, 09 Juni 2014

Tugas 12



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA

Dosen Pengampu      : Drs. Jajang Suryana, M.Si.
NIP                             : 19591025986031002
Mata Kuliah              : Pendidikan Seni Rupa
Pertemuan                 : 9
Tempat                       : Di ruang DKV kampus bawah UNDIKSHA

Oleh
Ni Ketut Yantiningsih
1111031190
E/VI

Kurikulum adalah salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Kurikulum tersebut berfungsi sebagai acuan yang sekaligus pedoman pelaksanaan pendidikan, baik mengelola atau pelaksanaan pendidikan khusus Kepala Sekolah dan Guru. Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
Didalam kurikulum 2013, terdapat kompetensi inti. Kompetensi inti (KI) tersebut antara lain yaitu
·      Kompetensi Inti 1 (KI-1) yaitu mengenai Sikap atau spiritual
·      Kompetensi Inti 2 (KI-2) yaitu mengenai Sosial
·      Kompetensi Inti 3 (KI-3) yaitu mengenai Pengetahuan
·      Kompetensi Inti 4 (KI-4) yaitu mengenai Keterampilan
Kompetensi Inti (KI) serta Kompetensi Dasar (KD) tersebut dibuat oleh pusat dan tidak boleh diganti karena sudah masuk (diberikan oleh Pemerintah) yang boleh diganti hanyalah indikator, tujuan pembelajaran, metode dan sebagainya. Contohnya saja RPP 2013 kelas 1 mengenai mata pelajaran seni budaya dan prakarya:
·      Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

·      Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan aalat musik ritmis

·      Indikator
1. Menanyakan rasa syukur dengan berucap Astungkara (aspek sikap)
2. Membuat karya lipatan warna sederhana yang sudah diajarkan (aspek keterampilan)
3. Menampakkan sesuatu yang tidak dimengerti (aspek pengetahuan)
4. Membuat gambar dengan memanfaatkan teknik lipatan warna (aspek keterampilan dan pengetahuan)

·      Tujuan Pembelajaran
1. Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan rasa bersyukur dengan berucap Astungkara dengan baik dan benar
2. Setelah Tanya jawab yang dilanjutkan dengan diskusi, siswa dapat membuat karya lipatan warna sederhana dengan benar
3.Setelah melakukan percoban, siswa dapat membuat gambar dengan memanfaatkan teknik lipatan warna dengan benar.
Dari kompetensi inti hingga terakhir (evaluasi) saling berkaitan antara 1 dengan yang lainnya. Dari indikator menurunkan atau merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran tersebut kita dapat membuat alat ukur seperti lembar evaluasi. Perlu di ingat bahwa di dalam Taksonomi Bloom yaitu
1)   Kognisi (Pengetahuan)
2)   Apeksi (Sikap)
3)   Psikomotorik (Keterampilan)

·      Metode Pembelajaran
·      Ceramah
·      Demonstrasi
·      Diskusi
·      Unjuk kerja
Pada Indikator 1 yaitu menanyakan rasa syukur dengan berucap Astungkara (menggunakan metode ceramah dan demonstrasi), Indikator 2 yaitu membuat karya lipatan warna sederhana yang sudah diajarkan (menggunakan metode unjuk kerja), Indikator 3 yaitu menampakkan sesuatu yang tidak dimengerti (menggunakan metode diskusi), sedangkan indikator 4 yaitu membuat gambar dengan memanfaatkan teknik lipatan warna (menggunakan metode unjuk kerja dan diskusi).
Oleh sebab itulah, di dalam pembelajaran kita tidak bisa menggunakan 1 metode saja. Tetapi tergantung ada indikator serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Karena tidak ada 1 metode yang cocok digunakan karena di dalam pembelajaran membutuhkan metode-metode yang lainnya yang saling berkaitan.

·      Langkah-langkah pembelajaran
Di dalam pelaksanaan pembelajaran atau langkah-langkah pembelajaran tersebut terkandung Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK) seperti yang tertera pada kurikulum 2006. Eksplorasi berarti menggali pengetahuan siswa, Elaborasi yaitu melakukan sesuatu yang lebih cermat sedangkan Konfirmasi yaitu memberi motivasi kepada siswa serta menegaskan kembali apa yang telah mereka pelajari. Hanya saja di dalam penerapan kurikulum 2013 ini EEK tersebut tidak dijelaskan secara rinci (dikelompokkan).
Pada kurikulum 2013 ini EEK tidak perlu ditulis yang mana termasuk eksplorasi, elaborasi, serta konfirmasi hanya saja EEK tersebut digabungkan saja. Sehingga EEK tersebut sepertinya tidak kelihatan dan pembelajaran menajdi terpadu antara pembelajaran 1 dengan yang lainnya seperti dipadukan dengan sebuah Tema, yang nantinya tema tersebut akan dipelajari sehingga siswa tidak mengetahui dia sedang belajar mata pelajaran apa. 

·      Evaluasi
Evaluasi merupakan suatu kegiatan untuk mengetahui dan memutuskan apakah program yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan semula. Evaluasi ini memiliki 3 aspek penilaian yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
1)   Penilaian Sikap
Contoh muatan KI-1 (sikap spiritual) antara lain: ketaatan beribadah, berperilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, toleransi dalam beribadah. Sedangkan contoh muatan KI-2 (sikap social) antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri. Penilaian sikap antara lain: observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal catatan guru.
2)   Penilaian Pengetahuan
Aspek pengetahuan dapat dinilai dengan cara tes tertulis, tes lisan, serta penugasan.
3)   Penilaian Keterampilan
Aspek keterampilan dapat dinilai dengan cara kinerja atau performance, projek, serta portopolio.
Sekian pemaparan RPP kurikulum 2013 mengenai mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP), semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar